Generasi Penerus Penjaga Kebudayaan

MAKALAH

ILMU BUDAYA DASAR

Peran manusia dalam menjaga kebudayaan

 

 

 

 

 

Nama : Risna Junianda

NPM : 16212476

Kelas : 1EA04

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

                Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pembuatan tugas makalah yang berorientasi pada tema Peran Manusia Dalam Menjaga/Melestarikan Kesusastraan/Kebudayaan telah selesai.

Pada tugas makalah ini, penulis mengangkat judul Generasi Penerus Penjaga Kebudayaan. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen untuk mngembangkan kemampuan softskill penulis. Adapun penyusunannya berdasarkan sumber-sumber terpercaya yang kemudian dikembangkan kembali dengan kemampuan penulis. Dengan tugas makalah ini, penulis berharap makalah ini bisa dijadikan referensi dan sedikit banyaknya dapat menambah ilmu dan wawasan bagi para pembaca.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada dosen, teman dan seluruh pembaca atas kesediaan memberikan kritik dan saran dalam penyempurnaan tugas ini.

 

 

Bojonggede, Oktober 2012

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

i

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………………………… i

Daftar Isi ………………………………………………………………………………………………………………… ii

Pendahuluan

  1. A.    Latar Belakang ………………………………………………………………………………………. iii
  2. B.     Rumusan Masalah …………………………………………………………………………………. iii
  3. C.    Tujuan …………………………………………………………………………………………………… iv

Tinjaun Pustaka

  1. A.    Peran ………………………………………………………………………………………………………. 1
  2. B.     Kebudayaan ……………………………………………………………………………………………. 1
  3. C.    Kesustraan ……………………………………………………………………………………………… 1

Pembahasan ……………………………………………………………………………………………………………. 2

Kesimpulan Dan Saran ……………………………………………………………………………………………. 4

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………………………………………… 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang

Pada era globalisasi yang terjadi saat ini memberikan dampak besar di berbagai bidang. Salah satu penyebab globalisasi adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, saat ini banyak kemudahan-kemudahan yang dapat kita rasakan yang menyebabkan budaya-budaya asing mudah masuk ke dalam suatu negara. Pengaruh budaya-budaya tersebut ada yang berdampak baik dan buruk. Dari pengaruh budaya asing itu juga terjadi perubahan-perubahan sosial yang bersifat progresif maupun regresif. Perubahan progresif meliputi kemajuan teknologi dan keberhasilan pembangunan. Sedangkan perubahan regresif meliputi menurunya moralitas bangsa dan merosotnya semangat kerja masyarakat.

Perubahan-perubahan sosial itu dapat kita amati di lingkungan sekitar kita, misalnya dahulu tidak ada dan tidak mengenal yang namanya handphone atau cellphone. Tetapi sekarang, handphone merupakan sahabat dari masyarakat yang membantu untuk berkomunikasi dengan mudah, efisien dan efektif. Itu merupakan perubahan yang progresif bagi masyarakat Indonesia. Tetapi di lain sisi, masyarakat sekarang tidak lagi memperhatikan moral. Mereka cenderung berubah mengikuti tren dan lebih tertarik kepada budaya asing. Contohnya remaja sekarang lebih memilih menggunakan pakaian yang terbuka, padahal dahulu masyarakat Indonesia lebih memilih berpakaian sopan dan tertutup. Faktor-faktor perubahan sosial budaya diantaranya perubahan jumlah penduduk, pertentangan masyarakat (konflik), terjadinya pemberontakan atau revolusi, adanya penemuan baru, kontak dengan kebudayaan lain, sistem pendidikan formal yang maju dan sikap menghargai hasil karya dan keinginan untuk maju.

Akan tetapi perubahan-perubahan yang masuk ke Indonesia tidak harus menyebabkan hilangnya kebudayaan asli, itu tergantung peran kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia dalam menjaga budaya dan tetap menerima moderenisasi. Kalau bukan kita, siapa lagi ?

  1. B.     Rumusan Masalah
  2. Upaya-upaya apa yang saja yang telah generasi penerus lakukan dalam melestarikan budaya Indonesia ?
  3. Budaya apa saja yang telah dilestarikan ?

iii

  1. Apa peran generasi penerus dalam upaya melestarikan budaya asli Indonesia ?

 

  1. C.    Tujuan
  2. Untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan generasi penerus dalam melestarikan budaya Indonesia.
  3. Untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan generasi penerus.
  4. Untuk mngetahui peran generasi penerus dalam upaya melestarikan budaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iv

TINJAUAN PUSTAKA

  1. A.    Peran

Peran adalah tingkah laku yang diharapkan dari seseorang sesuai dengan status yang dimilikinya. Peranan merupakan aspek yang dinamis dari sesuatu status sosial atau kedudukan. Setiap kedudukan memainkan peranan tertentu karena seseorang tidak bisa memainkan peranannya tanpa adanya status atau kedudukan. Peran mencakup :

  1. Peranan meliputi norma-norma yang dihubungkan dengan posisi atau tempat seseorang di dalam masyarakat.
  2. Peranan merupakan suatu konsep tentang hal apa saja yang dapat dilakukan oleh individu dalam masyarakat.
  3. Peran berfungsi sebagai perilaku individu yang penting dalam kehidupan sosial masyarakatnya.

 

  1. B.     Kesustraan

Secara morfologis, kesusastraan dibentuk dari 2 kata, yaitu su dan sastra dengan mendapat imbuhan ke- dan –an. Kata su berarti baik atau bagus, sastra berarti tulisan. Sacara harfiah, kesusastraan dapat diartikan sebagai tulisan yang baik atau bagus, baik dari segi bahasa, bentuk, maupun isinya.

  1. C.    Kebudayaan

Definisi kebudayaan menurut para ahi :

  1. 1.      Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.

  1. 2.      Arkeolog R. Seokmono

Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

1

PEMBAHASAN

Generasi Penerus Pelestari Kebudayaan

            Remaja adalah generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Remaja memiliki ega yang besar dimana mereka ingin sekali menunjukan jati diri mereka. Remaja merasa bahwa dia bukanlah anak kecil lagi dan dia juga bukan orang yang sudah tua. Rasa keingin tahuan remaja terhadap sesuatu sangat tinggi & mereka tidak terlalu peduli terhadap peraturan. Karena mereka berpikir bahwa aturan-aturan itu bersifat kuno yang tidak boleh ini dan itu.

Remaja sekarang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang menekankan pada niai-nilai luhur. Pengaruh negatif dari luar negeri memberikan dampak buruk bagi remaja Indonesia. Jika remaja Indonesia sekarang sudah sangat menyeleweng dari budaya maka budaya di masa depan lambat laun akan menghilang tanpa bekas dan pasti terlupakan oleh generasi-generasi selanjutnya.

Padahal kebudayaan nasional adalah gabungan dari banyak kebudayaan daerah yang ada di suatu negara yang harus kita lestarikan. Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap amntap, dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia (Suseno ; 1992). Karena kebudayaan nasional negara keduyaan adalah identitas darisuatu negara. Kebudayaan nasional tidak lepas dari akar budaya Indonesia.

Akar budaya Indonesia adalah suatu mekanisme yang terbentuk dari unsur-unsur yang berkaitan dengan jaman prasejarah. Kebudayaan suatu negara tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa adanya akar atau pendahulu yang membentuk kebudayaan tersebut. Mochtar Lubis menyampaikan saat Temu Budaya tahun1986 bahwa kondisi budaya kita hari ini ditandai secara dominan oleh :

  1. Kontradiksi gawat antara asumsi dan pretensimoral budaya Pancasila dengan kenyataan.
  2. Kemunafikan.

2

  1. Lemahnya kreativitas.
  2. Etos kerja yang lemah.
  3. Neo-feodalisme.
  4. Budaya malu telah hilang.

Ini sangat merugikan kita. Kita adalah sebuah negara yang besar dan memiliki bebebagai macam budaya. Kalau budaya itu hilang, bagaimana kita di masa mendatang ? Dengan seiring jalannya waktu, sedikit demi sedikit sudah ada remaja yang mau mengakui budaya lokal. Sekarang banyak remaja yang senang memakai batik dan mengikuti berbagai ekstrakulikuler yang bernafaskan budaya lokal di sekolahnya atau di sebuah lembaga lainnya, seperti mengikuti beladiri pencak silat, karawitan, bermain angklung atupun gamelan dan lain-lain.

Jika penanaman rasa bangga dan  cinta budaya terus dilakukan, maka akan menghasilkan generasi penerus yang menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia ke dunia luas. Berikut adalah cara mempertahankan kebudayaan Indonesia :

  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
  3. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya.
  4. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakan hukum.
  5. Selektif terhadap budaya asing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

KESIMPULAN DAN SARAN

            Remaja adalah generasi penenerus yang akan melanjutkan tongkat kepemimpinan dan melestarikan kebudayaan. Melihat fenomena yang terjadi sekarang ini antara remaja dan kebudayaan, seharusnya kita sudah harus tersadar kita sudah menyeleweng jauh dari nilai dan akar budaya. Budaya kita lebih banyak dikenal dan dipelajari luar negeri. Seharusnya budaya Indonesia harus lebih dikenal di Indonesia sendiri karena itu adalah identitas diri kita.

Menjaga dan melestarikan budaya merupakan tugas besar kita bersama. Pemerintah seharusnya menghak-patenkan budaya-budaya Indonesia dan remaja atau masyarakat Indonesia mau belajar lebih untuk mengenal dan melestarikan budaya Indonesia agar tidak mudah diklaim oleh bangsa lain sehingga kita tidak kehilangan jati diri kita dan generasi selanjutnya pun mengetahui dan mengenal budayanya sendiri.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s